Filsafat Seni

Nama : Firdiah Armida

Npm : 202246500629

Kelas : R3I

Mata Kuliah : Filsafat Seni

Dosen : Dr.Sn.Angga Kusuma Dawami M,Sn

Pendahuluan 

Pada pendahuluan di jurnal saya ini saya akan membahas mengenai penjelasan tentang karya lukis Raden Saleh yang berjudul "Forest Fire" ini. Dan pada pendahuluan ini juga saya akan memperkenalkan siapakan sosok Raden Saleh ini dan apa saja karyanya-karya yang sudah beliau buat, namun karena jurnal ilmiah ini membahas mengenai lukisanya yang bertema "Forest Fire" maka saya akan lebih banyak mejelaskan mengenai lukisan itu, lukisan beliau yang lainya hanya untuk memberitahu bahwa karya-karya beliau sangatlah banyak dan terkenal dikalangan seniman terutama para seniman-seniman Indonesia. 

Pada pendahuluan ini saya akan menjelaskan mengenai tahu  pembuatan lukisan "Forest Fire" ini, yaitu pada tahu tahun 1849 dan saat ini lukisan teesebut dipajang dan dimiliki oleh Galeri Nasional Singapura. Karya lukis ini dibuat oleh Raden Saleh sebagai hadiah untuk King William III pada tahun 1850. Saya juga akan menjelaskan bahwa karya lukis ini di buat di atas canvas yang memiliki ukuran 300 x 396cm dan menggunakan cat minyak sebagai pewarnaanya. Karya lukis "Forest Fire" milik Raden Saleh ini menggunakan aliran seni Romantisme karena lukisan ini menggambarkan pemandangan dramatis dua ekor harimau yang sedang berlari menghindari kebakaran hutan yang berlatar belakang Pulau Jawa. Lukisan ini menjadi salah satu karya lukisan terbesar yang dibuat oleh Raden Saleh karena lukisan "Forest Fire" ini menunjukan kualitas dan ambisi seorang Raden Saleh sebagai pelukis dan seniman.

Tujuan Penelitian 

Pada tujuan penelitian ini saya akan menuliskan tujuan saya membuat jurnal ilmiah ini, yaitu : mengenal Raden Saleh sebagai seniman terbesar di abang ke-19 dan menganalisis makna simbolis yang terdapat dalam karya seni "forest Fire" milik Raden Saleh dengan pendekatan semiotika.

Rumusan Masalah 

Pada rumusan masalah ini saya akan membahas mengani beberapa hal, seperti :

- Bagaimana komposisi, teknik, dan penggunaan warna yang dipakai pada lukisan "Forest Fire: milik Raden Saleh ini?

- Bagaimana cara Raden Saleh merefleksikan seni pada karya "Forest Fire"?

- Bagaimana cara Lukisan "Forest Fire" mempengaruhi perkembangan seni lukis?

Metode

Untuk membuat jurnal ilmiah ini saya menggunakan metode kualitatif, Metode kualitatif adalah suatu metode yang bersifat deskriptif dan kontekstual, fokus pada pemahaman mendalam, dan seringkali dilakukan dalam pengaturan alamiah di lingkungan asli subjek penelitian. Dan saya akan menggunakan metode itu untuk mengatai dan lebih mendalami lagi karya lukis "Fores Fire" milik Raden Saleh itu untuk lebih mengerti makna yang ada dalam lukisan tersebut agar saya bisa menjelaskanya di salam jurnal ilmiah saya ini. 

Saya juga akan menganalisis menggunakan teori semiotika dalam jurnal ilmiah saya ini karena karya ini menampilkan sebuah pemandangan dramatis dua ekor harimau yang sedang berlari hingga kepinggir jurang karena dikejar oleh kobaran api yang telah membakar hutan habitatnya. Berdasarkan yang saya lihat dari lukisan Raden Saleh dengan tema "Forest Fire" tersebut, bahwa lukisan itu cocok bila dijelaskan menggunakan teori semiotika.




Comments

Popular posts from this blog

Seni Bagian Dari Diri

Analisis Karya Seni Lukis di Pekan Kebudayaan Nasional (PKN)

Filsafat Seni